ASIA GLOBAL FIBER
Gunardi 0813 8555 3011

Rohimin 0812 9573 9109

Kantor : 021 52394172

atau email ke:
asiaglobalfiber@yahoo.com


Alamat Pabrik: Jl layang sahabat, kp belakang, Tegal Alur (Belakang Bandara Cengkareng)

Sabtu, 18 April 2020

Definisi dan Pengertian Fiberglass / FRP

Untuk pemesanan hubungi :

Gunardi , 0813 8555 3011
Rohimin , 0812 9573 9109
Kantor, 021 523 94 172

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Asia Global silahkan klik Asia Global Fiber

Sering orang bertanya mengenai fiberglass, berikut penjelasan singkat mengenai fiberglass.


Komposit 

Yang dimaksud dengan Komposit adalah bahan-bahan yang terbuat dari komponen individual, yang kekuatan fisiknya jika digabungkan akan melebihi kekuatan fisik secara individual. Bahan-bahan itu adalah fiberglass/serta dan resin. Kita bisa ambil contoh dari kasus laminasi. Dalam kasus laminasi land layout misalnya, di sini ada dua elemen dasar yang terlibat yaitu serat seperti Fiberglass atau Serat Karbon, dan yang kedua adalah resin. Kedua elemen individual ini tidak dimaksudkan untuk digunakan secara sendiri-sendiri. Keduanya tentunya dimaksudkan untuk digabungkan agar mempunyai kekuatan yang maksimal. Dengan digabungkan maka keduanya akan mengikat secara mekanis dan kimiawi sehingga membentuk bagian yang keras dan berlapis yang tidak dapat deformasi / di tekuk secara mudah.

Saat ini banyak septic tank terbuat dari komposit (gabungan dan fiberglass). Serat Fiberglass umumnya bentuk nya seperti sepotong kain panjang dengan bentuk gulungan. Setelah gulungan dibuka lembaran fiberglass dimasukkan ke dalam cetakan yang akan membuat bentuk septic tank. Setelah itu resin, dalam bentuk cair, diberi katalis dan pigment dan tuangkan pada cetakan fiberglass. Biasanya dilakukan dengan cara maual orang dan disebut dengan cara hand layout. Sejalan dengan waktu resin akan kering perlahan dan mengikat serat fiberglass secara kimia, serta menghasilkan panas yang cukup tinggi  (disebut thermosetting). Setelah cukup kering maka dilakukan pelapisan berikutnya sampai ketebakan yang diinginkan. Selain septic tank produk yang banyak menggunakan fiberlass ini adalah tangki air fiberglass.

Produk Komposit, seperti septic tank banyak terbuat dari fiberglass. Alasan penggunaan bahan fiberglass + resin untuk septic tank ini adalah karena kekuatan yang tinggi untuk rasio berat yang rendah. Secara umum, berbagai produk dapat dibuat sesuai dengan aplikasi yang berbeda, dan dibentuk dengan bentuk yang unik dan kompleks. Fiberglass + resin juga populer untuk lingkungan ekstrim seperti lingkungan asam dan basa tanpa investasi yang besar dibandingkan dengan produk dengan material yang lain seperti besi Stainless Steel.

Karena rasio berat terhadap kekuatan yang rendah maka bahan komposit ini banyak juga di aplikasi kan untuk pembuatan tangki fiberglass, tangki panel, septic tank bio, kanopi truk dan bentuk-bentuk yang rumit lainnya. Dengan perhitungan dan pengalaman yang matang maka produk-produk fiberglass akan dapat bertahan dalam jangka waktu sangat lama bahkan bisa sampai 20 tahun.

Asia GlobalFiber sebagai salah satu produsen produk-produk fiberglass senantiasa berkomitmen untuk selalu menjadi solusi terhadap kebutuhan pelanggan. Sebagai sebuah perusahaan yang berpengalaman lebih dari 4 tahun, Asia Global Fiber senantiasa menghadirkan produk-produk fiberglass dengan kualitas dan harga yang terjangkau sejalan dengan yang di minta oleh konsumen. Sudah banyak pelanggan kami yang selalu menghubungi kami jika ada kebutuhan produk fiberglass.


Tangki Panel Asia Global
Tangki Fiber Asia Global
Septic Tank Asia Global








Jenis, Sifat, dan Perkuatan Fiberglass

Kekuatan dari sebuah komposit adalah dominan serat/fiber. Kita sebut saja komposit itu kombinasi fiberglass dan resin. Karena dominan serat artinya ketika resin dan serat digabungkan, kinerjanya tetap seperti sifat serat secara individu. Dari data uji menunjukkan bahwa tulangan berserat adalah komponen yang menanggung sebagian besar dari beban. Oleh sebab itu,  pemilihan kain sangat penting ketika merancang struktur sebuah komposit. Perancangan komposit sekarang dapat memilih dari tiga bahan  umum, yaitu  fiberglass, serat karbon, dan Kevlar®. Masing-masing mempunyai bentuk dan gaya, serta memiliki manfaat dan kelemahan yang harus ditelusuri dahulu sebelum memulai proyek apa pun.

Terlampir table dari masing-masing bahan serta kegunaan dan karakteristik mereka yang paling umum.

Berikut ini adalah bagan yang membandingkan sifat relatif dari kain penguat.
Keterangan adalah sebagai berikut: P = Buruk, F = Cukup, G = Bagus, E = Luar Biasa.
Specifications
Fiberglass
Carbon
Kevlar®
Density
P
E
E
Tensile Strength
F
E
G
Compressive Strength
G
E
P
Stiffness
F
E
G
Fatigue Resistance
G-E
G
E
Abrasion Resistance
F
F
E
Sanding/Machining
E
E
P
Conductivity
P
E
P
Heat Resistance
E
E
F
Moisture Resistance
G
G
F
Resin Compatibility
E
E
F
Cost
E
P
F

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.