ASIA GLOBAL FIBER
Gunardi 0813 8555 3011

Rohimin 0812 9573 9109

Kantor : 021 52394172

atau email ke:
asiaglobalfiber@yahoo.com


Alamat Pabrik: Jl layang sahabat, kp belakang, Tegal Alur (Belakang Bandara Cengkareng)

Senin, 23 Maret 2020

Apa Itu Fiberglas atau FRP


 Hub : 021 523 94 172

Atau Rohimin : 0812 9573 9109

Suatu saat kaca dan plastik konvensional mungkin segera menjadi hal di masa lalu, saat ini perhatian orang telah bergeser ke penggunaan plastik yang diperkuat serat gelas (FRP) atau kadang-kadang dikenal sebagai plastik yang diperkuat kaca. Pada dasarnya FRP adalah polimer yang diperkuat serat yang terbuat dari matriks plastik yang diperkuat oleh serat kaca halus. Matriks plastik dapat berupa epoksi (plastik termoseting) atau termoplastik. FRP sangat ringan dan bahan kuat yang sangat kuat dan kemampuannya sering dibandingkan dengan serat karbon. Meskipun agak kurang kaku dibandingkan dengan serat karbon, ia juga jauh lebih rapuh dan bahan bakunya jauh lebih murah. FRP lebih disukai dibandingkan dengan logam konvensional terutama karena berat dan kekuatan ruahnya, dan juga kemampuan pergeseran bentuknya selama proses pencetakan. FRP banyak digunakan untuk membangun kerangka kerja utama untuk kapal, tangki, kapal, pipa dan juga saluran.

Kisi FRP diproduksi menggunakan kombinasi bala fiber glass dan resin termoseting lainnya. Bahan komposit ini telah disebut-sebut sebagai bahan untuk masa depan, menggantikan bahan konvensional seperti paduan dan logam. Kisi FRP tidak menimbulkan korosi seperti kisi-kisi baja konvensional dan karenanya merupakan kandidat yang sempurna untuk lingkungan korosif. Inilah yang membuat kisi FRP menonjol di antara bahan komposit lainnya. Kisi FRP juga memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi dan karena itu umumnya tahan terhadap benturan. Selain itu, mereka memiliki masa pakai yang panjang dan membutuhkan sedikit atau tidak ada pemeliharaan.

Karena ketahanannya terhadap korosi, FRP telah digunakan untuk membangun kapal dan tangki untuk menampung bahan kimia reaktif dan korosif. Seperti senyawa lainnya, FRP juga mengalami proses oksidasi, di mana permukaan menjadi kusam dan warnanya memudar. Scrubber FRP umumnya digunakan untuk menggosok cairan dari permukaan untuk mencegah oksidasi. Dalam teknologi pengendalian pencemaran udara, umumnya ada 3 jenis utama FRP scrubber. Penggosok media kering melibatkan media kering dan padat yang ditangguhkan di tengah tangki untuk mengontrol konsentrasi polutan dalam gas yang masuk melalui penyerapan dan adsorpsi. Penggosok media basah memadamkan cairan yang tercemar dengan konsentrat menggosok. Karena lebih banyak kontak dengan konten, kapal ini harus dirancang dengan kriteria yang lebih ketat. Scrubber biologis secara struktural mirip dengan scrubber media basah. Media ini dirancang untuk mendorong pertumbuhan bakteri dengan menyemprotkan pembuluh melalui air yang diisi dengan nutrisi untuk mendorong bakteri tumbuh. Dengan scrubber biologis, sebenarnya bakteri yang menggosok polutan. Satu batasan umum dari kapal FRP dan scrubber adalah batas suhu. FRP tidak dirancang untuk menahan suhu tinggi dan batasnya tergantung pada resin yang digunakan untuk memproduksi komposit.

FRP juga digunakan sebagai bahan baku untuk membangun pipa dan saluran karena sifatnya yang tahan korosi. Pipa dan saluran ini biasanya mengangkut zat korosif, oleh karena itu menggunakan kisi FRP akan menjadi pilihan yang bijaksana. FRP juga mudah dibentuk menjadi bentuk yang berbeda selama proses pencetakan, sehingga terbukti menjadi kandidat material yang sempurna untuk pipa dan saluran. FRP juga tidak menghantarkan listrik dibandingkan dengan paduan dan logam. Rasio kekuatan terhadap berat FRP juga menjadikannya alternatif yang lebih bijak untuk pipa dan saluran yang terkadang melewati beban yang signifikan. Namun, karena sifatnya yang rapuh, FRP hanya dapat menahan sejumlah tegangan tarik sebelum putus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.